Kamis, Desember 8, 2022
spot_img

Rapat Kordinasi Nasional Lapmi Bahas Pedoman Perkaderan Baru

Kegiatan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berlangsung sukses di Kota Makassar, hal ini dibuktikan dengan seluruh agenda kegiatan berjalan sesuai harapan.

Kegiatan yang berlangsung sejak 17-20 November 2022, mempertemukan pengurus Lapmi dan KPP Cabang se-Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan Rakornas dibuka di Lapangan Karebosi dan menjadi simbol sejarah karena tepat pada tanggal 17 November, Kabupaten Gowa juga berulang tahun.

“Kami sengaja mengambil waktu tanggal itu agar disatukan bahwa tepat pada 702 Kabupaten Gowa, kami mempertemukan teman-teman se-Indonesia untuk bersilaturahmi sekaligus membahas masa depan Lapmi PB HMI,” ucap Arif Wangsa yang juga ketua Panitia Pelaksana, Ahad (20/11/2022).

Pelaksanaan Rakornas kali ini cukup berbeda, karena melibatkan siswa-siswi SMA/SMK se-Kabupaten Gowa dan Makassar, sekaligus menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Pelajar (PJTP) di Hotel Pesanggrahan Kota Malino.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu mensukseskan kegiatan nasional ini, terkhusus Walikota Makassar dan Bupati Gowa yang menjadi tuan rumah,”imbuhnya.

Hal senada disampaikan Direktur Bakornas LAPMI PB HMI Tafrichul Fuady Absa, yang datang langsung dari Jakarta ke Kota Daeng untuk menggelar Rakornas.

Dalam Rakornas ini, Bakornas Lapmi PB HMI membahas pedoman perkaderan yang sudah lama tidak mengalami perubahan.

Perubahan diperlukan karena perkembangan zaman semakin masif dan kemajuan teknologi yang tidak terbendung.

Dalam pedoman perkaderan Lapmi, jenjang pelatihan Lapmi terdiri dari pelatihan jurnalistik dasar, pelatihan jurnalistik lanjutan, dan pelatihan jurnalistik advanced.

Dalam pelatihan Lapmi juga dibahas konsep berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Memberikan pengetahuan tentang bagaiman melakukan editing yang benar baik secara materi maupun teknis.

Memberikan pengetahuan tentang ragam bahasa jurnalistik dan perbedaaanya dengan bahasa Indonesia EYD

“Saat ini pedoman pengkaderan LAPMI sudah lama tidak diperbaharui terakhir tahun 2010, sehingga harus ada pembaharuan yang dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini dihadiri ratusan pelajar dari berbagai sekolah yang ada di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, ketua Umum PB HMI Raihan Ariatama, Ketua Badko Sulselbar A Ikram Rifqi, ketua HMI Cabang Makassar Muhammad Arsyi Jailolo, Demisioner Ketua Cabang Gowa Raya Ardiansyah Rajjako, dan puluhan kader Himpunan Mahasiswa Islam dari berbagai daerah.

Dukung tim Independensia.id dengan cara traktir agar kami bisa lebih produktif lagi dalam memberikan informasi yang aktual dan faktual.

Setiap kontribusi, berapapun besar atau kecilnya, memperkuat jurnalisme kita dan menopang masa depan kita. Dukung Independensia.id mulai dari Rp 20.000 – hanya butuh satu menit. Jika Anda bisa, pertimbangkan untuk mendukung kami dengan jumlah yang lebih, Terima kasih.

 

Simak berita terkini dan tulisan pilihan di kanal Telegram “Independensia.id” klik link https://t.me/independensiaid_update untuk bergabung.

Bagikan artikel

Komentar

Artikel Terkait

Selengkapnya
spot_img

Terbaru

Pertikaian HMI dan PMII di UINSU Berujung Mediasi

Lima Prinsip dan Norma Undang-undang (UU) Pesantren

Membedah Terpilihnya MN KAHMI yang Didominasi Politisi

Terpopuler